Pengantar Bisnis Informatika

Photo by Helloquence on Unsplash

Bisnis

Bisnis dalam arti luas biasanya menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan arti bisnis dalam suatu sistem yaitu yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat kita (bussiness is then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society). Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Sehingga secara keseluruhan definisi bisnis yaitu kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) supaya memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.

TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)

Teknologi Informasi dan Komunikasi, adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.

Bisnis Informatika

Bisnis informatika merupakan kegiatan jual beli barang atau jasa yang terkaitdengan unsur atau bantuan teknologi informasi baik dalam proses atau materialyang ditawarkannya. Hal ini bisa berupa proses bisnis yang didukung oleh sisteminformatika, atau kegiatan jual beli perangkat informatika itu sendiri. Kegiatanini bertujuan untuk mendatangkan keuntungan bagi pelaku atau pengguna jasabisnis, dapat dijalankan oleh individu atau kelompok.

Jenis Bisnis Informatika

Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia.

Model bisnis Shopee pertama kali dimulai sebagai pasar pelanggan untuk pelanggan (C2C) tetapi telah beralih ke model hibrid C2C dan Bisnis untuk Pelanggan (B2C) semenjak meluncurkan Shopee Mall yang merupakan platform toko daring untuk distribusi brand ternama. Shopee bermitra dengan lebih dari 70 penyedia layanan kurir di seluruh pasarnya untuk menyediakan dukungan logistik bagi penggunanya. Shopee berkolaborasi dengan berbagai jasa logistik lokal, serta penyedia jasa transportasi daring.

Strategi yang digunakan Shopee juga dapat diacungi jempol. Dari hasil riset, terkuak bahwa shopee merupakan salah satu E-commerce yang populer dan juga sering digunakan. Strategi yang digunakan shopee adalah :

1. Menggunakan teknik pemasaran sesuai tren yang sedang berlangsung.

Menggunakan hal hal yang sedang viral atau tren untuk menjadi materi konten pemasaran yang mereka lakukan. Dengan demikian, masyarakat akan mudah mengingat dengan platform tersebut. Iklan tersebut berhasil meraih kemenangan dalam kategori iklan paling berkesan pada acara bright award Indonesia 2017. Kunci sukses memberikan pemasaran adalah menggunakan konten yang sudah diketahui oleh masyarakat luas, tepat sasaran, dan tidak membuat orang berpikir terlalu panjang.

2. Memakai media yang sesuai.

Saat muncul, platform ini memfokuskan bisnis kepada para pengguna mobile atau aplikasi pada ponsel. Kemudian telepon ini dikenal sebagai salah satu pelopor aktivitas belanja dengan menggunakan media ponsel. Strategi tersebut diterapkan dengan menggunakan riset yang menyebutkan bahwa Indonesia berkembang pesat dibandingkan dengan negara negara lain yang berada di kawasan Asia Tenggara. Sesuai dengan perkiraan, pesanan yang berasal dari Indonesia semuanya hadir dari ponsel.

3. Memberikan promosi harga yang irit.

Gratis ongkos kirim menjadi satu hal yang paling disukai oleh para konsumen dari platform satu ini. Hingga saat ini, platform ini masih memberikan Promo gratis ongkos kirim untuk para pengguna ataupun konsumennya. Ongkos kirim gratis diberikan dengan batas pembelian sejumlah nominal tertentu. Meski nominal nya tidak terlihat besar, namun bagi calon konsumen, ongkos kirim gratis dapat menjadi daya tarik tersendiri.

4. Memberikan jaminan harga termurah.

Harga menjadi salah satu hal yang utama yang akan dijadikan pertimbangan oleh para konsumen sebelum membeli suatu barang. Untuk dapat bersaing dengan marketplace lain, marketplace ini memberikan kampanye garansi uang kembali dua kali lipat. Hal ini membuat para konsumen tidak berpikir panjang dan kemudian melakukan transaksi pada platform tersebut.

Kelebihan yang dimiliki dari Shopee sebagai berikut:
  • Kelebihan shopee bagi pembeli yang pertama adalah kemudahan dalam menggunakan aplikasi shopee, order barang, dan metode pembayaran yang ada.
  • Belanja di Shopee gratis biaya ongkos kirim atau free ongkir sehingga harga barang semakin murah.
  • Banyak program menarik baik bagi penjual maupun konsumen.
Kekurangan yang dimiliki dari Shopee sebagai berikut:
  • Pencairan dana cukup lama.
  • Banyaknya penjual membuat harga bersaing sangat ketat dan membuat penjual yang baru sulit untuk bersaing.

Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia dan Dunia

Perkembangan bisnis informatika di Indonesia cukup drastis, hal ini didukung dengan naiknya kebutuhan pada teknologi informasi, yang mana pada sekarang ini hampir semua kegiatan dan pekerjaan kita menggunakan beberapa hal dari dunia teknologi informasi. Begitu juga perkembangan bisnis informatika didunia. Diberbagai Negara bisnis dalam bidang informatika ini memiliki peluang yang cukup baik dan cukup menjanjikan. Karena itulah banyak orang yang mencoba untuk menggeluti bidang ini, seperti bisnis hardware, software, dan penyedia layanan konsultasi dan bisnis jual- beli online.

Sekarang ini banyak perusahaan- perusahaan yang melakukan bisnis online, seperti penjualan sepatu dan baju (toko online), mainan, bahkan makanan juga bisa dipesan secara online. Hal ini terjadi karena internet seperti yang kita ketahui dapat menembus batas ruang dan waktu. Seperti yang kita tahu permasalahan di dunia ini adalah “ruang dan waktu” oleh karena itu penerapan teknologi informatika sangat dibutuhkan, maka dibutuhkan sebuah penerapan teknologi ini untuk memecahkan masalah. Karena banyaknya permintaan dalam teknologi informasi dan komputer di Indonesia dalam segala bidang maka munculah perusahaan-perusahaan yang bergelut dalam bisnis informatika ini. Seperti contohnya adalah penyedia layanan internet, software house, hosting, dll.

Perkembangan bisnis informatika di Indonesia belakangan ini terjadi peningkatan yang sangat pesat mengingat kebutuhan akan dalam bidang ini sangatlah besar dari tahun ke tahun. Ini menjadikan bisnis informatika menjadi salah satu bisnis yang mempunyai potensi yang cerah untuk kedepannya. Hal ini juga harus didukung oleh sumber daya yang berkualitas, melihat kualitas teknologi informasi dan komputer yang dituntut semakin baik setiap saatnya.

Saat ini dunia informatika mengalami banyak perkembangan terutama dalam bidang bisnis. Pada lingkungan bisnis, kehadiran teknologi informasi mulai disadari dapat menghadirkan berbagai solusi yang dapat membantu proses bisnis yang ada dan mengoptimalkan efesiensi bisnis berbasis teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi telah berkembang luar biasa hebatnya baik dari sisi perangkat keras, perangkat lunak, atau sumber daya manusia yang mendayagunakannya. Sekarang TI banyak membantu kebutuhan seseorang dan sudah banyak orang yang terbiasa dengan komputer, bahkan dengan internet. Dunia bisnis tentunya banyak mengalami persaingan, sehingga membutuhkan semua informasi yang aktual, cepat dan dapat dipercaya. Semua itu menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pergerakan bisnis yang semakin cepat menuntut komunikasi (suara, data dan informasi) yang lebih lebih cepat guna mempertahankan pelanggan, pemasok, bahkan dalam menghadapi persaingan.

Salah satu media yang digunakan dalam mengembangkan bisnis di dunia Informatika adalah internet. Internet adalah jaringan komputer tanpa mengenal batas jarak dan waktu yang didalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga dinamis dan interaktif. Maka dari itu banyak orang bahkan perusahaan memanfaatkan internet sebagai ladang bisnis, mulai dari menjual jasa, penjualan dan pembelian produk bahkan pemasaran suatu produk perusahaan.

Dunia bisnis dibidang informatika akan berkembang pesat dan mengalami kemajuan dengan adanya media informasi dan perangkat teknologi yang makin canggih Dari dunia Maya atau internet inilah lahir sebuah social media. Internet dan social media bisa menjadi alat bagi perusahaan untuk mengenal pasar dan konsumennya. sekarang iklan standar yang ada di televisi , majalah, atau radio tidak lagi menjadi referensi utama bagi orang – orang yang ingin membeli sebuah produk. social media seperti (facebook, twitter, dll ) justru menjadi alat promosi yang lebih efektif untuk melakukan promosi.

Perkembangan dan kemajuan bisnis informatika di negara kita sudah sangat pesat sekali dan sangat menggiurkan. Bisnis ini akan tiada matinya karena dunia IT setiap detik berkembang, oleh karna itu bisnis ini tidak mungkin ada matinya. Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya.


Refrensi :

Komentar