Penulisan Ilmiah

Penulisan Ilmiah Pembuatan Aplikasi Berbasis Web Pada Usaha “Dapur Mama” Menggunakan PHP dan MySQL

Penulisan Ilmiah adalah salah satu tahapan yang harus dilalui Mahasiswa Gunadarma pada semester 6. Penulisan Ilmiah juga salah satu syarat yang harus ditempuh oleh mahasiswa Gunadarma sebagai syarat skripsi yang akan dilakukan pada semester 8. Untuk jurusan Teknik Informatika mayoritas mahasiswa pada Penulisan Ilmiah disuruh untuk membuat sebuah program atau aplikasi. Pada Penulisan Ilmiah juga akan didampingi oleh dosen pembimbing yang akan membantu mahasiswa dalam pengerjaannya.
Penulisan Ilmiah yang saya buat adalah sebuah aplikasi website untuk usaha “Dapur Mama”. Judul pada Penulisan Ilmiah saya yaitu “Pembuatan Aplikasi Berbasis Web Pada Usaha “Dapur Mama” Menggunakan PHP dan MySQL" dengan Onggo Wiryawan, M.Si sebagai dosen pembimbing. Software yang digunakan pada pembuatan website yang saya buat adalah Visual Studio Code sebagai teks editor, MySQL sebagai database yang digunakan dan menggunakan bahasa pemograman PHP. Untuk membuat tampilan pada website menggunakan HTML dan CSS.
Pada penulisan ilmiah yang saya buat diperlukan data-data yang lengkap sebagai bahan yang dapat mendukung kebenaran materi uraian dan pembahasan. Oleh karena itu diperlukan metodologi pengumpulan data dan metode pengembangan sistem. Pengembangan sistem dalam penulisan ilmiah yang saya buat menggunakan empat tahap siklus pengembangan model SDLC (System Data Life Cycle), yaitu :
1. Perencanaan
Mengumpulkan data  yang didapat dari berbagai sumber mulai dari buku-buku, artikel, jurnal, maupun tutorial yang berkaitan dengan penulisan ilmiah, hingga bagaimana menjadi suatu aplikasi website yang dapat digunakan di usaha “Dapur Mama”.
 2. Analisa
Melakukan analisis sistem yaitu mencari informasi yang dibutuhkan untuk bahan penulisan dan pembuatan website dari pemilik usaha dan internet berupa e-book dan video, serta dilakukan analisa mengenai beberapa kebutuhan untuk membuat website “Dapur Mama”.
3.Perancangan
Menggunakan tool-tool perancangan aplikasi seperti struktur navigasi, UML, perancangan tampilan, tata letak layar, permodelan link dari setiap halaman, juga beberapa software pendukung yang akan digunakan.
4.Implementasi
Melakukan uji coba aplikasi web untuk mencari tahu kekurangan dari aplikasi berbasis web.

Kelebihan dari aplikasi website ini adalah
-Memudahkan customer dalam memesan produk pada usaha “Dapur Mama” sehingga tidak perlu lagi datang ke toko.
-Dapat menjadi media promosi bagi usaha “Dapur Mama”
-Memudahkan dalam hal bertransaksi.

Setelah menyelesaikan penulisan ilmiah BAB 1 sampai dengan BAB 4, saya mendaftarkan diri saya untuk sidang ke Loket 8. Pendaftaran sidang dilakukan tanggal 19 September 2019 dan baru mendapatkan jadwal sidang pada 10 Oktober 2019. Hal yang menghambat penulisan ilmiah ini dikarekan saya yang menunda-nunda dalam pembuatan program, kemudian saat program yang dibuat telah selesai bertepatan dengan libur semester sehingga membuat saya sulit bertemu dengan dosen pembimbing saya.
Persiapan promosi yang dilakukan agar website ini dapat berkembang yaitu dengan memberi hosting supaya website ini bisa dijangkau seluruh masyarkat. Karena pada penulisan ilmiah saya masih menggunakan localhost. Mempromosikan produk-produk melalui website dan memberikan promo-promo bagi pembeli yang memesan produk melalui website. Kemudian membuat tampilan website lebih menarik lagi dan responsif ke beberapa platfrom seperti mobile handphone. Membuat sistem pembayaran yang aman agar tidak bisa diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Komentar