Regulasi dan Prosedur Pengadaan Barang dan Jasa

Rencana Bisnis Penyedia Jasa Dalam Pembuatan Website

Tulisan ini merupakan simulasi perencanaan bisnis serta regulasi dan prosedur yang harus dilakukan dalam pengadaan barang dan jasa. Pada simulasi perencanaan bisnis ini merupakan penyedia jasa dalam pembuatan website.

  • Regulasi dan Prosedur Pengadaan Barang dan Jasa

Pengadaan Barang/Jasa adalah kegitan untuk memperoleh Barang/Jasa oleh Kementrian / Lembaga/ Satuan Kerja Perangkat Daerah/ Institusi lainnya yang prosesnya dimulai dari perencanaan kebutuhan sampai diselesaikannya seluruh kegiatan untuk memperoleh Barang/Jasa. Dan Penyedia Barang/Jasa adalah badan usaha atau orang perseorangan yang menyediakan Barang/Pekerjaan Konstruksi/Jasa Jasa Konsultasi/Jasa lainnya. Berikut ini adalah beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh penyedia barang atau jasa:
  1. Memiliki keahlian, kemampuan manajerial yang memadai, serta pengalaman yang sesuai dengan permintaan instansi.
  2. Memenuhi aturan menjalankan usaha dalam perundang-undangan yang menyangkut proses legalitas.
  3. Mempunyai kapasitas hukum untuk menandatangani kontrak proyek.
  4. Memenuhi kewajiban wajib pajak, dan tidak masuk daftar hitam.

  • Sumber Informasi Peluang Proyek TIK

Informasi sangat penting untuk mencari peluang-peluang yang ingin kita ketahui sebagai wahana keterbukaan kita kepada bermacam-macam berita yang ada di lingkungan yang ada disekitar kita.Banyak sumber untuk memperoleh informasi, mulai dari media cetak sampai pada media elektronik. Semakin lengkap sumber-sumber informasi yang ada tentu semakin mempermudah kita untuk memperoleh informasi mengenai peluang berbisnis. Kecanggihan teknolgi dan sumber informasi yang banyak sebagi contoh: majalah, Koran, televisi, buku, internet, radio, dan lain-lain. Berikut beberapa tips dalam mencari informasi peluang bisnis :
  1. Informasi tentang kepribadian dan kemampuan diri 
  2. Peluang yang dapat diraih 
  3. Kebutuhan dan keinginan konsumen 
  4. Lingkungan yang dihadapi 
  5. Situasi persaingan 

  • Gambaran Umum Bisnis

"PrimTech" merupakan sebuah toko yang menyediakan jasa dalam pembuatan website untuk berbagai kebutuhan. Produk yang ditawarkan berupa software aplikasi dan juga jasa pengajaran/kursus pada pembuatan website. Pengadaan jasa pada bisnis ini dilaksanakan dengan menggunakan regulasi sebagai berikut: 
  1. Transparan: Semua ketentuan dan informasi, baik teknis maupun administratif termasuk tata cara peninjauan, hasil peninjauan, dan penetapan penyedia barang/jasa harus bersifat terbuka bagi penyedia barang/jasa yang berminat dan mampu tanpa diskriminasi. 
  2. Adil: tidak diskriminatif dalam memberikan perlakuan bagi semua calon penyedia barang/jasa dan tidak mengarah untuk memberikan keuntungan kepada pihak tertentu, dengan cara atau alasan apa pun. 
  3. Bertanggung jawab: mencapai sasaran baik fisik, kualitas, kegunaan, maupun manfaat bagi kelancaran pelaksanaan usaha sesuai dengan prinsip-prinsip dan kebijakan serta ketentuan yang berlaku dalam pengadaan barang/jasa. 
  4. Efektif: sesuai dengan kebutuhan yang telah ditetapkan dan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi para pihak terkait. 
  5. Efisien: menggunakan dana, daya, dan fasilitas secara optimum untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan dengan biaya yang wajar dan tepat pada waktunya. 
  6. Kehati-hatian: berarti senantiasa memperhatikan atau patut menduga terhadap informasi, tindakan, atau bentuk apapun sebagai langkah antisipasi untuk menghindari kerugian material dan imaterial selama proses pengadaan, proses pelaksanaan pekerjaan, dan paska pelaksanaan pekerjaan. 
  7. Kemandirian: berarti suatu keadaan dimana pengadaan barang/jasa dikelola secara profesional tanpa benturan kepentingan dan pengaruh/tekanan dari pihak manapun. 
  8. Integritas: berarti pelaksana pengadaan barang/jasa harus berkomitmen penuh untuk memenuhi etika pengadaan. 
  9. Good Corporate Governance: Memenuhi prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik. 

  • Sumber informasi tentang penawaran atau peluang TIK

Banyak sumber yang untuk memperoleh informasi dan menyebarkan informasi untuk penawaran, dari mulai media cetak (Koran, majalah, brosur, pamphlet, baligo, dll) sampai media elektronik (televisi, radio, internet dan social media seperti facebook, twitter, berita online, dll). Dengan adanya media-media tersebut, kami memanfaatkannya untuk mengetahui kebutuhan dan pemasaran. 

Kerangka Acuan Kerja (KAK)

  1. Latar Belakang Bisnis: Karena semakin berkembangnya teknologi dan adanya kebutuhan akan pengetahuan dalam segi TIK.
  2. Kegiatan yang dilaksanakan: Penyediaan kursus dan pembuatan website.
  3. Manfaat: Dengan adanya kursus memudahkan seseorang untuk menambah pengetahuan yang diberikan ketika kursus.
  4. Cara pelaksanaan kegiatan: Membangun tempat yang terjangkau, nyaman dan menyediakan alat penunjang untuk kursus.
  5. Tempat pelaksanaan: Tempat strategis, aman dan nyaman untuk kursus
  6. Jadwal Kegiatan: Kegiatan dilakukan dua kali dalam seminggu
Berikut ini merupakan gambaran secara umum rencana bisnis yaitu dengan membuka tempat pengajaran/kursus dalam pembuatan website.
Perangkat atau Alat-alat yang dibutuhkan :
  • Berbagai macam PC (CPU, Monitor, Keyboard, Mouse, Headset)
  • Printer
  • Provider Internet (ISP)
  • Aksesoris lainnya (optional)
Modal yang dibutuhkan untuk membangun usaha ini adalah sekitar Rp. 100.000.000, dengan rincian sebagai berikut:
  • 20 buah PC = Rp. 80.000.000
  • Printer = Rp. 1.000.000
  • Modul dan Aksesoris = Rp. 15.000.000
  • Biaya tak terduga = Rp. 1.500.000

Komentar:
Perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi kian meningkat dalam dunia bisnis, aktifitas penyediaan barang dan jasa juga sangat pesat peningkatannya melalui dunia teknologi informasi dan komunikasi. Baik penyediaan barang ataupun jasa yang dilakukan sangat diperlukan untuk keberlangsungan dari bisnis itu sendiri.

Untuk menciptakan suatu bisnis di era seperti ini diperlukan suatu usaha yang gigih dalam membangunnya, kemudian bisa memanfaatkan TIK saat ini serta juga harus berani mengambil gebrakan dan inovasi-inovasi baru. Untuk membuat bisnis ini beberapa resiko yang harus di hadapi yaitu tidak menentunya pelanggan yang datang, persaingan dengan pelaku bisnis yang lain. Tetapi dengan kebutuhan teknologi di dunia semakin di manjakan dengan fasilitas fasilitas yang sangat menarik dan memuat manusia memudahkan mendapat pengetahuan atau sebuah informasi.

Komentar