Sifat Tenggang Rasa diantara Teman

Designed by pikisuperstar/Freepik

Setiap manusia pasti memiliki teman dalam hidupnya, walau hanya teman yang kenal dalam perjalanan, teman dalam pekerjaan bahkan sampai teman yang bisa diajak kemana saja dan teman untuk saling berkeluh kesah dalam kehidupan. Teman yang kita kenal juga tentunya tidak hanya orang yang satu daerah dengan kita, pasti ada yang berbeda kota lahirnya dengan kita, berbeda agamanya dengan kita, bahkan sampai berbeda kewarnegaraan dengan kita. Semua perbedaan itu menyatu dalam keharmonisan, tentu saja dalam menjaga keharmonisan dalam pertemanan tidaklah mudah. Kita harus memiliki sikap untuk saling menghargai teman yang berbeda suku dengan kita, berbeda agama dan juga berbeda budaya. Sikap saling menghargai itu bisa disebut dengan tenggang rasa.

Dalam Kamus KBBI, “tenggang rasa” artinya: “sikap dapat (ikut) menghargai dan menghormati perasaan orang lain”. Dengan tenggang rasa, kita bisa saling menghargai tidak hanya sesama teman, bahkan sesama manusia. Segala perbedaan-perbadaan yang ada di kehidupan sosial kita, akan harmonis jika kita memiliki sikap tenggang rasa. Perbedaan-perbedaan yang ada dengan teman tidak membuat kita saling membandingkan, tapi dengan perbedaan-perbedaan itu membuat kita saling mengenal satu sama lainnya.

Saat saya memasuki jenjang kuliah saya mengenal banyak teman, tidak hanya yang satu daerah dengan saya, bahkan sampai teman yang jauh dari timur Indonesia. Memiliki banyak teman juga menambahkan pengetahuan kita, kerena saat di kuliah tidak hanya ilmu saja yang kita cari tapi pertemanan juga kita harus cari seluas-luasnya. Sikap tenggang rasa bisa dimulai dari hal-hal kecil misalnya saat ada teman kita yang berbicara ataupun menyampaikan pendapatnya kita bisa mendengarkan dan menghargai pendapat teman kita tersebut, walaupun pendapat teman kita itu berbeda dengan pendapat kita. Saya memiliki pengalaman yaitu saling bertukar pikiran dengan teman saya dalam hal politik saat itu. Kami memiliki pilihan yang berbeda, walaupun kita terkadang meperdebatkan perbedaan itu tetapi saya menghargai pandangan politik teman saya tersebut. Perbedaan pandangan tersebut malah menambahkan wawasan yang baru bagi saya, misal apa yang belum saya ketahui bisa saya ketahui setelah teman saya itu menyampaikan pandangannya dalam suatu hal. 

Kita perlu menyadari bahwa setiap orang mempunyai hak dan kewajiban asasi yang sama. Oleh karena itu kita harus bertenggang rasa terhadap orang lain agar mereka mendapatkan kesempatan menerima hak-haknya dan melaksanakan kewajibannya dengan sedang baik-baiknya. Kita wajib menjaga dan menghormati hak dan kewajiban orang lain agar hak dan kewajiban kita juga dihormati oleh orang lain.

Sikap tenggang rasa dapat kita kembangkan melalui beberapa bentuk. Misalnya, apabila teman kita mendapat musibah, kita harus berusaha memberikan pertolongan atau bantuan semampu kita. Kita harus dapat ikut merasakan penderitaan yang dialami oleh orang lain. Apabila teman kita sedang sakit, kita harus segera menjenguknya agar hatinya terhibur sehingga cepat sembut. Di dalam berteman kita harus selalu mengendalikan sikap dan tingkah laku serta tutur kata agar tidak menyinggung atau menyakiti orang lain, sehingga hubungan antarteman akan terjalin terus dengan baik.

Dengan tenggang rasa maka akan ada manfaat yang kita dapat pada pertemanan kita, misalnya menumbuhkan rasa kasih sayang dan kepedulian terhadap teman, menciptakan suasana yang aman dan tentram dalam kehidupan antar teman, mempererat rasa kekeluargaan dan keakraban antar teman, memupuk rasa tanggung jawab pada diri sendiri untuk melindungi dan membantu satu sama lain.

Komentar